Diberdayakan oleh Blogger.
RSS


Aplikasi Perkuliahan
Dengan Cara Softskill




Setiap mahasiswa Universitas Gunadarma untuk program D3 dan S1 wajib mengikuti Mata Kuliah yang sistem perkuliahannya menitik beratkan pada pengembangan Softskills. Mata Kuliah yang menggunakanan sistem perkuliahan “softskills” ini bukan merupakan mata kuliah ujian utama, tidak ada unsur praktikum, dan tergolong mata kuliah pengembangan kepribadian atau kehidupan bermasyarakat yang sesuai dengan kurikulum berbasis kompetensi di masing-masing program studi. Mata Kuliah yang adaptif terhadap softskill tersebut akan diberikan SETIAP SEMESTER, dengan nama mata kuliah yang tetap sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan. Mata Kuliah yang pelaksanaan perkuliahannya dengan pendekatan softskill tersebut akan diberi tanda “pagar” (#). Proses belajar-mengajar untuk mata kuliah tersebut akan dipandu oleh dosen pengajar yang berfungsi sebagai fasilitator. Proses perkuliahannya lebih banyak kegiatan di luar kelas sesuai dengan panduan atau bimbingan dari dosen pengajarnya. Pertemuan di kelas hanya dilakukan sebulan sekali dengan jadwal yang akan ditetakan oleh dosen pengajarnya. Komunikasi dengan dosen hanya dilakukan melalui studentsite yaitu pada fasilitas “lecture message”, termasuk untuk mengetahui tugas atau informasi yang diberikan oleh dosen diluar pertemuan di kelas. Mata kuliah ini TIDAK ADA UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)dan UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS). Penilaian hanya dilakukan terhadap PROFIL danKUALITAS PORTOFOLIO MAHASISWA yang dimiliki oleh setiap mahasiswa Universitas Gunadarma.

        SOFTSKILL (Kemampuan NON-TEKNIS) merupakankemampuan seseorang untuk bisa bersosialisasi dan berkomunikasi dengan baik pada lingkungan dimana dia berada. Sifatnya invisible. Attribut dari softskill ini seperti : sikap baik seperti integritas, inisiatif, motivasi, etika, kerja sama dalam tim, kepemimpinan, kemauan belajar, komitmen, mendengarkan, tangguh, fleksibel, komunikasi lisan, jujur, berargumen logis, kemampuan beradaptasi, pemecahan masalah dan lainnya.Softskill telah menjadi salah satu faktor yang menentukan kesuksesan karir seseorang dan dapat turut meningkatkan kinerja organisasi. Softskill juga terbagi menjadi dua jenis. Pertama adalah kualitas personal, yang terdiri dari : dapat bertanggung jawab, kepercayaan diri, mampu bersosialisasi, self-management (mampu mengatur diri sendiri) dan integritas/kejujuran. Yang  kedua adalah interpersonal skill yang terdiri dari : leadership (kepemimpinan), kemampuan bernegosiasi, mampu bekerjasama dalam tim, mau berbagi ilmu dengan orang lain.

        Ada seorang dosen yang mengatakan Orang yang pintartetapi tidak memiliki kemampuan softskill pun akan menjadi percuma, sedangkan orang yang biasa saja tetapi memiliki kemampuan softskill justru menjadi tidak biasa. Pernyataan inisemakin memperkuat bahwa memang 80% penentu dunia kerja adalah softskill.

        Kesan pertama yang kita tangkap saat mendapatkan mata kuliah Softskill ini adalah menyenangkan, karena mata kuliah ini meniadakan ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Dosen pun tidak diharuskan hadir di tiap pertemuan. Menyenangkan karena terbayang penilaian hanya berdasarkan postingan blog yang kita buat. Tetapi ada dampak yang lumayan menyusahkan atau bahkan merugikan dari mata kuliah Softskill ini. Betapa kesal saya ketika semester lalu mendapat nilai 'C' untuk mata kuliah soft skill, padahal jumlah postingan saya banyak, sedangkan teman saya yang jumlah postingannya sedikit mendapat nilai ‘B’ atau bahkan ‘A’. Kerugian lain yang kami rasakan adalah dead line untuk tugas. Kami sangat berpacu dengan tugas untuk mata kuliah ini, dan dosen pun gemar sekali membuat kami kerepotan dengan banyaknya tugas - tugas yang harus kami upload tiap minggunya


      

        Cara meng-upload tugas dan tulisan, untuk mata kuliah softskill tugas dan tulisan di upload dengan cara yaitu : 
  • Sebagai mahasiswa Universitas Gunadarma kita wajib memiliki akun Blog untuk mendukung dalam peng’uploadan tugas dan tulisan yang akan di upload ke Studentsite kita masing-masing. 
  • Kerjakan tugas dan tulisan yang telah diberikan dengan baik sesuai dengan perintah dosennya, lalu cantumkan sumber dan referensinya. Lalu tugas dan tulisan kita publikasikan ke Blog kita.
  • Kemudian buka Studentsite kita masing-masing, pilih menu “Tugas” untuk tugas yang diberikan dan menu “Tulisan” untuk tulisan yang telah dibuat.
  • Masukkan title, URL, dan mata kuliah pada kolom yang telah disediakan, dan klik submit. Maka tugas atau tulisan pun telah berhasil di upload ke dalam Studentsite kita, dan data juga terlihat pada data tugas yang sudah di posting.


SUMBER :
PDF softskillmhsUG

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar