SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
SISTEM
Sekelompok
elemen-elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu
tujuan.
Elemen sistem :
Tidak semua sistem memiliki
kombinasi elemen yang sama, tapi suatu susunan dasar adalah :Input, Transformasi, Output, Mekanisme
Kontrol, Tujuan.
Jenis Sistem :
Sistem
Lingkaran Terbuka à
sistem
yang tidak mempunyai elemen mekanisme kontrol, dan tujuan.
Sistem
Lingkaran Tertutup à
sistem
yang disertai oleh adanya elemen mekanisme kontrol dan tujuan.
Sifat Sistem :
1. Sistem
terbuka :
Sistem yang dihubungkan dengan lingkungannya melalui arus sumberdaya.
2. Sistem
Tertutup :
Sistem yang sama sekali tidak berhubungan dengan lingkungannya.
Sistem
Fisik :
sistem yang terdiri dari sejumlah sumber daya fisik
Sistem
Konseptual
: sistem yang menggunakan sumberdaya konseptual (data dan informasi) untuk
mewakili suatu sistem fisik.
Evolusi Sistem Informasi Berbasis Komputer
Fokus Awal Pada Data
Pada awal abad
ke 20 pemakaian komputer terbatas hanya untuk aplikasi akuntansi dan digunakan
nama EDP yang merupakan aplikasi sistem informasi yang paling dasar dalam
setiap perusahaan. Sekarang kita menggunakan istilah SIA untuk menggantikan
EDP.
Fokus Baru Pada Informasi
Konsep
penggunaan komputer untuk mendukung sistem informasi manajemen mulai
diperkenalkan pada tahun 1964 oleh para pembuat komputer. Konsep SIM menyadari
bahwa aplikasi komputer harus diterapkan untuk tujuan utama menghasilkan
informasi manajemen.
Fokus Revisi Pada Pendukung Keputusan
Sementara SIM
terus berkembang dalam menghadapi kelemahan-kelemahannya, muncul pendekatan
baru dengan nama DSS, yaitu sistem penghasil informasi yang ditujukan pada
suatu masalah tertentu yang harus dipecahkan oleh manajer.
Fokus Sekarang Pada Komunikasi
Penerapan OA (Office Automation) untuk memudahkan
komunikasi dan peningkatan produktivitas diantara para manajer dan pekerja
kantor lainnya melalui penggunaan alat-alat elektronik.
Fokus Potensial Pada Konsultasi
Saat ini sedang berlangsung gerakan untuk menerapkan
Kecerdasan Buatan (AI) bagi masalah-masalah bisnis. Ide dasar dari AI adalah
bahwa komputer dapat diprogram untuk melaksanakan sebagian penalaran logis yang
sama seperti manusia.
Definisi SIA :
Suatu komponen organisasi yang mengumpulkan,
mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi
finansial dan pengambilan keputusan yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan
pihak ekstern.
Karakteristik SIA
yang membedakannya dengan subsistem CBIS lainnya :
1.
SIA melakasanakan tugas yang diperlukan
2.
Berpegang pada prosedur yang relatif standar
3.
Menangani data rinci
4.
Berfokus historis
5.
Menyediakan informasi pemecahan minimal
0 komentar:
Posting Komentar